Setelah Membahas Brand Awareness, Brand Trust di artikel kemarin, sekarang kita mau membahas customer journey.

Customer journey sebelum nya pernah saya sebut di artikel mengenai Brand Awareness. Customers journey sendiri kalau di artikan adalah perjalanan calon konsumen dari mereka mulai mengenal produk, mencari tahu produk tersebut, mencoba, mempercayai, akhirnya konsumsi dan akan lebih baik lagi mereka bisa advokasi produk tersebut

Step by step nya seperti gambar di atas, dan dalam setiap langkah nya perlu strategi untuk menggemgam pasar yang kita tuju.

Saya mau share step by step yang pernah saya lakukan saat saya bekerja sebagai Marketing di perusahaan otomotif:

1. Awareness

Dalam tahap ini saya lakukan sebelum produk di luncurkan. Dari sini kita lihat lagi apakah ini produk baru, atau hanya sekedar facelift, karena kalau produk baru kita harus gali lagi target market nya kita. Dalam build awareness kita akan banyak sekali berhubungan dengan media, atau lebih ke ATL, dan begitu masuk fase peluncuran kita mulai mainkan di aktivaso lapangan nya atau sering disebut event (BTL), untuk menjaga Awareness setelah peluncuran produk, kita lebih baik gerilya dengan mengadakan regional launch ke kota-kota dimana daerah target penjualan kita.

Baca Juga  Disruptif Marketing ala Nissan Motor Indonesia

2. Purchase Consideration

Dengan gempar nya berita di media, biasanya target market akan mencari tahu mengenai produk ini, mereka mulai mencari di internet atau hubungi dealer-dealer menanyakan produk ini. Apabila sudah masuk consideration, lebih baik lagi calon konsumen ini di undang untuk mendapat pengalaman langsung dengan produk tersebut, seperti test drive dari mobil ini.

3. Purchase Decision

Setelah mencari tahu, mencoba akhirnya mereka memutuskan untuk membeli. Dalam tahap ini services sales kepada konsumen sangat penting, mulai dari delivery product, bonus utk konsumen hingga kepastian Customer mendapatkan plat nomor agar Mobil bisa dipakai.

4. Customers Trust / Brand Trust

Dalam tahap ini aftersales berperan penting, konsumen pasti mencari bengkel layanan untuk mobil nya, kualitas mobil di uji oleh konsumen, harga parts dan daya tahan pasti akan menjadi pertimbangan. Bila semua sudah terlewati, Customer akan puas terhadap produk ini, dan timbul lah Customers Trust / Brand Trust.

5. Brand loyalty

Tahap ini adalah dimana customer sudah merasa puas dan melakukan pembelian ulang terhadap brand / produk tersebut.

Baca Juga  Mesin sehat, bensin irit

6. Brand advocate

Ini adalah bonus dari konsumen yang puas, mereka akan rekomendasi kan produk ini kepada teman-teman sekitarnya, bahkan bila ada black campaign terhadap brand ini, mereka menjadi pembela dan memberi testimoni atau review yang positif

votes
Article Rating
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x