Instalasi Throttle Body Spacer Redneck di Livina X-Gear 2011

Hallo kawan-kawan readers, gimana kabar nya ni? Sudah lama saya gak nulis disini, maklum lagi konsentrasi dengan Vlog saya juga, udah pada mampir belum ke vlog saya? Kalau belum mampir, dan subscribe ya di cakra Khrisna di YouTube.

Ok teman-teman, saya mau bahas mengenai Throttle Body Spacer (TBS) merek Redneck yang saya beli melalui facebook tapi nama akun nya saya lupa 😅.

TBS Redneck ini di pasangkan di antara intake dan throttle body. Secara logika, TBS ini membuat pusaran udara dari intake semakin kencang karena di dalam nya dia berbentuk pusaran seperti gambar di atas. Efek yang dihasilkan secara teori akselerasi meningkat, efisiensi BBM juga harus nya meningkat karena power sudah tersedia sebelum kita menginjak gas lebih dalam dan power mesin bertambah walau tidak besar.

Setelah 1 minggu pemasangan, saya memang merasakan adanya perubahan karakter mesin, saat awal pasang tenaga masih belum responsif, seperti ada kekosongan di awal, baru setelah RPM 1700an tarikan lebih enak, mungkin ini disebabkan ECU adaptasi kembali membaca udara yang masuk berbeda dari sebeluk nya. Setelah 3-4 hari pakai, tenaga sudah responsif dari putaran bawah! Yes, saya merasakan efek power lebih padat. Karena Livina saya bertransmisi otomatis, kadang suka ada lagging power, namun lagging itu mulai berkurang sejak pasang TBS Redneck, walau kadang masih kerasa ya.

Baca Juga  Cara membuat Livina menjadi Jangkung

Untuk peningkatan efisiensi belum saya ukur, dikarenakan karakter saya bawa lagi tidak normal, alias saya lagi seneng dengan respon tenaga nya, jadi suka main di sampai RPM 3500-4000an, dan juga kondisi Jakarta yang lagi sepi membuat saya tidak bs menghitung efisiensi secara akurat.

Kesimpulan akhirnya, penambahan TBS redneck ini memamg bisa meningkatkan akselerasi kendaraan, walau belum terukur dengan Dynotest ya, tapi secara test feeling pribadi terasa perbedaan dengan TBS Redneck dan juga tanpa TBS Redneck.

Demikian cerita saya ni, buat teman-teman readers monggo kasih masukan or pertanyaan ya kalau ada yang penasaran. Apabila tulisan ini berguna, boleh minta teman-teman untuk membagikan tulisan ini di social media teman-teman. Terima kasih sudah membaca.

vote
Article Rating

Previous

Next

Subscribe
Notify of
guest
2 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Hariripragentari
Hariripragentari
4 months ago

Perlu setting ecu lg gak kalo pasang tbs om