Hallo rekan-rekan Readers, selamat siang semoga sehat semua ya kabar nya. Hari ini saya mau melanjutkan cerita saya kemarin cara membuat mobil kita senyaman mobil Eropa. Kalau kemarin saya sudah membahas suspensi, dibagian ke 2 ini saya akan bahas masalah keheningan kabin.

Mobil Eropa sangat terkenal juga dengan keheningan dalam kabin nya lebih baik dari mobil Jepang, nahh basis dari Nissan Livina sebetulnya sudah memiliki tingkat keheningan lebih baik dibanding mobil lain di kelas nya dikarenakan penggunaan karpet peredam yang memiliki kualitas lebih baik. Untuk menyempurnakan kekedapan kabin alangkah baik nya kita cek kembali kondisi karet-karet pintu mobil kita, apakah masih dalam kondisi baik atau tidak, karena karet yg sudah berumur tentu nya lebih mudah ngempos sehingga peredaman suara nya berkurang

Lalu untuk menyempurnakan lagi, alangkah baiknya kita menggunakan peredam tambahan dengan bahan Aspal.

Harga peredam aspal per lembar berkisar 100-125rb tergantung toko dan penjual. Peredam ini biasanya tukang audio banyak jual dan bs bantu pasang. Saya sendiri baru pasang peredam di ke 4 pintu, dan tiap pintu menggunakan 2 lembar, 1 untuk sisi dalam 1 untuk sisi luar. Kelemahan dari pemakaian peredam ini ialah beban pintu menjadi lebih berat, dikarenakan bahan nya adalah aspal, namun untuk peredaman bahan aspal menurut saya termurah dan tersedia dimana-mana.

Baca Juga  Instalasi Throttle Body Spacer Redneck di Livina X-Gear 2011

Untuk peredaman lebih baik tidak ada salah nya kita peredam full sampai kolong lantai mobil kok, tapi ingat ya biaya nya pasti bakal mahal dan bobot mobil pasti meningkat

Untuk peredam waktu itu saya pasamg di Koko Ayung Audio, Ruko ITC Fatmawati dia toko nya.

Nahh 1 titik lagi yg menurut saya Krusial di perdam adalah plafon. Untuk plafon saya tidak menggunakan bahan aspal, tapi pakai bahan foam yg dilapis sticker chrome.

Secara teori pemakaian bahan ini si bisa menahan panas juga ya, dan menahan suara saat hujan kabin terasa sedikit lebih hening.

Bila Mobil sudah full peredam, 1 lagi komponen untuk mengurangi kebisingan, pemilihan ban mobil yang low noise! Biasanya si ban type seperti ini memiliki harga lebih mahal di bandingkan ban type normal ya, namun kalau teman-teman readers membaca artikel saya sebelum nya disini, pemakaian ban merek Continental itu SANGAT MEMPENGARUHI menurun nya tingkat kebisingan dalam kabin

Mungkin itu saja bahasan mengenai keheningan dalam kabin ya, next part akhir saya akan membahas mengenai kenyamanan berkendara.

Baca Juga  Upgrade Suspensi Livina X-Gear, makin mantab Rally look nya!

Terima kasih rekan-rekan pembaca yang sudah membaca, mohon like dan comment bila ada masukan ya.