Sudah lama tidak menulis di blog aku ni, kebetulan pas lagi sakit di rumah, sambil baringan di tempat tidur, mau sedikit share pengalaman servis Livina di tempat Mbah Suud.

Buat pemakai Livina, specially yang udah join komunitas atau group FB GaLiLoi pasti tidak asing dengar nama Mbah Suud / Om Suud. Beliau spesialisasi untuk carbon clean si Livina, atau yg ngetop disebut Gurah.

Awalnya saya tidak kenal dengan beliau, kecuali melihat postingan-postingan di GaLiLoi tentang tune up si Livina, saya melihat ada yg berbeda dibanding para mekanik lain, specially dibagian Throttle body. Akhirnya saya beranikan diri chat beliau melalui WA, dan nanya-nanya servis, ternyata slow respon sekali, dan kalau jawab kok pendek-pendek. Masih mikir ni orang sombong kali ya, hehehe. Akhirnya pas saya langsung to the point mau servis and carbon clean, beliau langsung kasih screen capture tanggalan dimana beliau tidak kosong

Jadwal untuk carbon clean nya padat tenan

Gokil, waktu itu saya nanya 4 November, akhirnya dapat jadwal 8 Desember yang masih kosong

Akhirnya pas tanggal 7 Desember aku kontak lagi beliau memastikan beliau bener bisa buat besok tanggal 8 nya. Hari Sabtu 8 Desember, saya berangkat dr rumah jam 7 pagi, dan tiba di tempat Om Suud jam 8 kurang, karena appointment di jam 8 pagi. Awalnya gak percaya kalau itu bengkel nya Om Suud, karena hanya berupa rumah dan hanya muat 2 mobil (1 mobil pribadi). Akhirnya saya parkir, dan langsung disambut istri beliau. Tak lama kemudian keluar lah Om Suud pemilik padepokan Bengkel Wong Ndeso, dan ini pertama kali aku ketemu beliau.

Baca Juga  Understanding Share Of Voice (SOV)

Dari sana aku kasih tau keluhan-keluhan si Livina, ngelitik, klakson tidak bunyi dan kalau pagi-pagi starter mesin ada bunyi kasar dari dinamo starter nya. Nggak lama kemudian beliau langsung nyalain mesin dan nge-gas halus sampai RPM 3000, dia hanya komentar mesin nya berat.

Ok, pengerjaan dimulai jam 8.30 pagi, dan beliau mulai pretelin deh tuh bagian-bagian yg akan di bersihkan. Setelah semua sudah diturunkan, mulai membersihkan satu-persatu deh, melihat beliau bersihin injector dan busi sudah biasa, tapi pas melihat dia bersihin Throttle body, ini yang membuat saya salut! Beliau memiliki cara tersendiri dalam membersihkan dan Throttle body di “porting” agar terbentuk sudut seperti Velocity stack

[wpvideo ShPqrVWQ]

Tidak sampai situ, beliau juga membongkar box filter, dibersihkan semua dalaman nya, dan membuat seperti funnel udara di dalam box nya agar meningkatkan kecepatan udara yg masuk, sehingga pembakaran menjadi lebih baik, sayang saya lupa foto yang ini.

Pembersihan ruang bakar pun berlangsung 2x, pertama menyemprotkan pembersih untuk merontokkan karbon deposit, lalu di sedot, dan di semprotkan lagi dan di sedot kembali. Hasil nya terlihat ruang bakar beneran bersih sempurna!

Baca Juga  Mesin sehat, bensin irit

Untuk EGR dan selang nya, beliau melakukan pembersihan benar-benar detail, biasanya di bengkel umum hanya sampai di EGR saja, tapi beliau membersihkan dalaman selang itu! Woww, amaze saya sama pelayanan Om Suud, dan saya bs melihat dalaman selang pun penuh karbon deposit yang pasti menghambat gas pembakaran!

Gak sadar udah sekitar jam 3.30, beberapa teman-teman dari GaLiLoi chapter Cinere Depok Bogor Sawangan pun mampir, dan mereka sepertinya sudah biasa melihat proses kerja Mbah Suud.

Ada pekerjaan yang aku request on the spot, yaitu pemasangan Oil Catch Tank, alias Lubang Hawa oli

Tabung Hawa bewarna Abu-abu Made in Mbah Suud

Nahh, terakhir keluhan si klakson yang berasal dari kabel spiral, ini saya mau kaget si bagaimana beliau kerjain ini secara cepat, bongkar setir, ganti kabel hingga pasang ±/- 20 menit!! Hohoho, alhasil klakson udah bisa bunyi lagi.

Alhamdulillah jam 4.30 sore semua udah selesai dan saya sudah bisa pulang. Karena dr Cinere ke Ampera bisa lewat toll, tentu nya saya pilih pakai toll saja, sekalian bejek si Livina donk biar tau perbedaan nya! Masuk tol, langsung lah saya kick down gak ada ampun si Livina, dan hasil nya….. EDAANNNNN!! Mesin enteng banget, mobil menyentuh 200km/h dengan enteng dan masih ada RPM dan mesin masih me respons nambah tenaga terus, sempat panik karena susah ngerem siii ??

Baca Juga  Beli Livina X-Gear 2011 AT (Lagi??)

PUAS banget bisa servis disana, walau memang lama banget karena beliau ngerjain semua sendiri, harga masuk akal dan kekeluargaan.

Buat yang nanya bengkel nya dimana l, Monggo ini link nya: Bengkel Om Suud Wong Ndeso
Limo, Depok City, West Java 16515
0877-8181-3347
https://maps.app.goo.gl/YuniC

votes
Article Rating
2
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x