Set up riding position (Bag 1)

Selamat Siang teman-teman, apa kabar? Semoga semua sehat-sehat ya. Hari ini saya mau ngobrolin set-up riding position, alias setel posisi berkendara. Kira2 ribet gak si? Ya balik lagi ke nyaman nya kita seperti apa, intinya kita harus setel posisi berkendara kita agar kita merasa menyatu dengan motor kita itu.

Sebelum memulai lebih jauh kita akan membahas segitiga ergonomi dulu

Dari gambar di atas terlihat sebuah segitiga yang akan menentukan ergonomi berkendara anda yang terdiri dari:

1. Ketinggian setang, akan mempengaruhi handling anda dalam berkendara. Semakin tinggi anda semakin santai, namun anda merasa tidak menyatu sama motor, semakin rendah posisi anda semakin bungkuk tapi tiap pergerakan badan anda akan ikut serta mempengaruhi handling motor.

2. Posisi duduk. Dalam posisi duduk kurang lebih mirip seperti posisi setang, semakin tinggi anda duduk anda semakin nyaman untuk jarak jauh, tapi feel menyatu dengan motor tidak sepeka saat anda pakai busa jok tipis.

3. Posisi foot step. Apabila posisi footstep anda cukup maju maka anda akan mendapat posisi duduk lebih santai, tapi apabila lebih mundur dan sedikit naik, maka anda semakin membungkuk, namun lutut anda otomatis lebih mendekap tangki motor, sehingga feel riding lebih menyatu dengan motor.

Baca Juga  Install WRX GP3 K3 Vixion R

Ok hari ini saya baru saja melakukan sedikit set-up riding position, terlebih di posisi setang motor.

Untuk fork depan, saya merasa posisi motor sedikit terlalu tinggi, sehingga saat berhenti di lampu merah atau saat melaju sedikit kencang motor dan saya rasanya kurang menyatu

Untuk itu saya menaikan sedikit fork motor ini, tidak banyak kok hanya 1cm saja agar saya makin menyatu dengan motor.

Lalu saya ubah juga sudut posisi kemiringan setang sedikit ke belakang, jadi kalau saya melaju kencang dan agak menunduk posisi lebih nyaman

Surprisingly dengan set up sederhana seperti ini, feeling saya dengan fork depan jauhhhhh lebih nyaman dan saya merasa lebih menyatu dengan motor.

Next saya akan merubah untuk posisi kaki agar lebih mundur sedikit, jadi posisi badan saya bisa lebih condong ke depan dengan memasang breket footstep yang saya beli di tokopedia

Link pembelian dari breket ini: https://tokopedia.link/8MFHTJV9iY

Next akan saya update pemasangan breket foot step di bagian 2 ya.

Baca Juga  Honda CRF 250 Rally, Motor Dual Purpose yang asik dipakai harian!
vote
Article Rating

Previous

Next

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments