Unboxing dan Product Knowledge SpeedSparks Open Looper Pro

Asalamualaikum, Selamat pagi para readers, gimana kabar nya? Bismillah kita semua sehat dan dalam perlindungan Yang Maha Kuasa ya.

Hari ini saya kedatangan suatu produk untuk motor yang berteknologi injeksi ni yang bernama Speedsparks open Looper Pro

Bentuk kardus nya kecil ya dan simple dengan tulisan Speedsparks di bagian bibir depan kardus nya.

Setelah dibuka di dalam nya terdapat 1 unit Open looper pro, 2pcs sticker speedsparks, 1 soket, dan 1 bungkus klem kabel plus obeng mini untuk menyetel Speedsparks Open looper pro ini.

Sebelum masuk ke tahap instalasi, saya ingin menjelaskan dulu apa si Open looper itu, dan bagaimana dia bekerja. Ok, seperti kalimat saya di awal, Open looper ini untuk Motor Injeksi yang sudah memiliki O2 sensor atau pengapian Closed loop. Mengapa hanya untuk motor injeksi yang sudah memiliki O2 Sensor? Karena si O2 sensor ini yang akan kita manipulasi, sehingga ECU pada motor injeksi membaca data tidak lagi dari O2 sensor, melainkan dari unit Open looper pro ini. Pertanyaan berikut nya biasanya adalah, kenapa si kita harus memanipulasi si 02 Sensor? Kalau ini jawaban nya balik lagi ke kebutuhan akan mesin. Dalam pembakaran mesin bensin, atau sering disebut Internal combustion Engine (ICE), pembakaran itu terjadi dengan menyatukan molekul udara dan bensin, lalu diledakan oleh busi dan menghasilkan tenaga. Dalam pembakaran ini, campuran udara dan bensin itu sering disebut Air Fuel Ratio atau AFR. Nahh fungsi dari 02 sensor itu membaca hasil pembakaran gas buang kita seberapa jumlah AFR nya. Sampai sini cukup jelas kan? Ok saya akan tampilkan tabel AFR dibawah.

Baca Juga  Impressi Pertama Gimbal Moza Mini-Mi

Bisa kita lihat di atas, terdapat 3 kolom, Lean, ideal, dan rich, dan di tiap kolom terdapat angka AFR nya. Jadi semakin tinggi angka AFR, itu berarti campuran bensin semakin sedikit dibandingkan udara, artinya pemakaian BBM semakin irit, tetapi tenaga yang dihasilkan semakin kecil dan gas buang lebih ramah, kebalikan apabila angka AFR semakin rendah, bensin yg dicampur semakin banyak, konsumsi BBM semakin boros, gas emisi buang semakin kotor tapi tenaga yang dihasilkan lebih baik.

Dari tulisan di atas terlihat ya AFR itu gimana, nahh rata-rata pabrikan mobil dan motor sudah mengunci nilai AFR di ECU mobil atau motor nya, karena menurut mereka itu adalah angka yang terbaik untuk konsumsi bensin, menekan polusi dan keawetan suku cadang, akan tetapi kadang kita tidak pernah puas! Yes kita tidak pernah puas akan performa akan kendaraan kita! Kita melakukan modifikasi untuk tujuan menambah tenaga, tapi kita tidak tau modifikasi itu justru membuat kendaraan kita performa nya menurun karena nilai AFR bergeser. Contoh nya kita membeli motor Injeksi, lalu kita melakukan penggantian knalpot, otomatis mesin meminta campuran bensin lebih, namun karena ECU sudah mengunci nilai AFR yang dibaca oleh 02 sensor maka mesin menjadi kekurangan bensin, menyebabkan mesin lebih cepat panas, dan komponen jadi lebih cepat aus dikarenakan panas yang dihasilkan berlebih!

Baca Juga  Instalasi Throttle Body Spacer Redneck di Livina X-Gear 2011

Disinilah alat Speedsparks Open Looper Pro berfungsi! Open Looper Pro ini akan memanipulasi kerja si 02 Sensor untuk memerintahkan ECU mengirim bensin lebih ke pembakaran, sehingga terjadi pembakaran yang AFR nya di sesuaikan dengan keinginan kita di level berapa! Kalau di jaman karburator dulu, ini seperti penggantian spuyer pada karburator, menyesuaikan kebutuhan BBM pada kendaraan, nahh Open Looper ini kurang lebih mirip seperti itu.

Open Looper ini sebenernya sudah masuk ke generasi ke 2, dimana di generasi sebelum nya Speedsparks pernah meluncurkan Open Looper non pro.

Apa sih kelebihan open looper pro dibanding non pro?

  1. teknologi yang lebih maju dibanding versi non pro
  2. Penyemprotan BBM bisa lebih banyak dibanding versi non pro

Kalau menurut saya pribadi, Open Looper Pro ini berguna sekali untuk setup motor injeksi yang sudah di modifikasi pads tingkat ringan, seperti pergantian knalpot, busi racing atau air filter after market.

Namun apabila kita ingin lebih advance, kita pasti ingin memainkan variable debit bensin tiap RPM nya, yang pasti memiliki tingkat kebutuhan yang berbeda, kita perlu alat yang lebih advance dari open looper ini, yang biasa disebut Piggyback! Untuk piggyback saya akan buatkan artikel sendiri ya nanti nya.

Baca Juga  Lampu LED H4 HLXG 5000K

Ok saya rasa tulisan saya sudah panjang banget ni, semoga bermanfaat dan berguna untuk teman-teman. Mohon di komen apabila ada tulisan saya yang kurang benar, dan kalau tidak keberatan mohon di share juga agar bisa bermanfaat ya. Terima kasih teman-teman readers!

Previous

Next

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of