Asalamualaikum rekan-rekan readers, gimana kabar nya? Semoga semua dalam keadaan sehat walafiat. Sebelum nya saya mengucapkan selamat hari raya lebaran untuk rekan-rekan readers yang merayakan, Mohon Maaf Lahir & Batin.

Bocor Foto Motor Baru Yamaha R7, Moge Harga Ekonomis Spek Superbike -  Motorplus

Pada tanggal 18 May 2021 kemarin, di launching sudah All New Yamaha R7, yang sebenernya foto-fotonya sudah bocor duluan gara-gara tim Yamaha Eropa atau Amerika (saya lupa) sepertinya salah setting tanggal publish video nya walau akhirnya di take down.

Apa si yang spesial di motor ini dan kira-kira siapakah pasar yang di tuju? Pada dasar nya ini adalah Motor Yamaha MT-07 yang di tambahkan fairing, dikasih shock depan upside down dan di tune ulang sehingga karakter nya bisa lebih galak. Mengingat motor ini menggunakan mesin yang sama dengan Yamaha MT-07, dimana mesin ini lebih mencari torsi dibandingkan horse power, maka motor ini saya yakin ditunjukan untuk orang yang mencari gaya sporty, masih nyaman dipakai daily (walau dijamin pegel bila dibandingkan MT-07 karena lebih nunduk) dan juga bisa digunakan untuk trackday dimana tidak terlalu serius, loh kok tidak serius? Karena Yamaha masih menjual Yamaha YZF-R6 versi racebike untuk yang serius untuk berkompetisi.

Baca Juga  MotoGP 2021 dan Hasil Qatar Test 1&2

Sebagai catatan penting juga New YZF-R7 ini adalah bukan penerus Motor YZF-R7 OW02 yang pernah di launching di tahun 1999, yang di homologasi khusus untuk balap superbike untuk saat itu, dimana YZR-R7 OWO2 ini menggunakan mesin 4 Cylinder dengan Cc sebesar 750cc

Yamaha YZF-750 R7 OWO2

Bila kita lihat dari angle foto dibawah, bisa kita lihat juga posisi setang tidak terlalu nunduk banget layaknya Yamaha R-6 atau Yamaha R-1, tentu ini untuk menunjang motor ini dipakai tetap daily drive. Selain mesin yang mengadopsi mesin dari Yamaha MT-07 maka ada yang sedikit ganjil dengan penggunaan nama R-Series di model ini, yaitu penggunaan rangka bukan deltabox. Yamaha R7 ini akan menjadi motor kedua R-Series yang menggunakan rangka pipa besi setelah R-25 / R-3.

Jelang Peluncuran Yamaha YZF-R7, Bocor Penampakan Aslinya

Lalu bila kita membicarakan siapa si target market atau pasar yang dituju? Mungkin di atas saya sudah menyebutkan bahwa motor ini lebih ke orang yang menggemari tampilan sport fairing, bisa digunakan commuter daily, dan juga tinggal copot spion, lampu2 dan fender belakang untuk jadi motor track day.

Motor Sport Yamaha R7, Meluncur 18 Mei 2021 – Moladin

Untuk Kompetitor nya, di segmen ini siapa si? Kalau saat ini saya hanya melihat ada 2 motor yang sebenernya Head 2 head si segmen ini yaitu, Kawasaki Ninja 650 dan juga Aprilia RS 660, walau di atas kertas Aprilia RS660 memiliki spek lebih tinggi karena elektronik nya sudah di tuning juga untuk tarckday ya.

New Kawasaki Ninja 650 MY17 - Official Video - YouTube
Aprilia RS 660 Siap Meluncur Bulan Mei, Bikin Pabrikan Jepang Ketar-ketir,  Begini Spek dan Fiturnya - Motorplus

Dengan adanya Yamaha R7 2 Cylinder ini, sangat besar membuka kemungkinan Next Yamaha R-25 / R3 akan menggunakan basis motor ini sebagai pengembangan nya. Kalau menurut saya si model ini bisa di terima banget kok kalau Yamaha mau kopi habis2an body nya dijadikan basis dari Next R-25/ R3, walau melihat lampu projector dalam Airscoop nya itu ganggu banget buat mata saya.

Jelang Peluncuran Yamaha YZF-R7, Bocor Penampakan Aslinya

Untuk yang ingin tahu spesifikasi engine, berikut yang saya ambil dari Visor down:

Baca Juga  Dynotest Vixion R dengan Piggyback Cheetah Power

2021 Yamaha R7 specs and features:

  • Compact, high-torque, 689cc, CP2 crossplane technology engine
  • Available in full and 35kW versions
  • Ultra-compact design R-Series DNA
  • Highly aerodynamic full fairing with aluminium lower cover
  • High specification inverted 41mm front forks
  • Link-type Monocross rear suspension with newly designed shock
  • A&S clutch
  • Lightweight tubular frame with aluminium centre brace for tuned chassis rigidity
  • Clip-on handlebars and lightweight rearsets with stylish heel guards 
  • Sporty and adaptable tucked-in riding position
  • Aggressive R-Series twin-eye face with LED position lights
  • Powerful central LED headlight
  • Lightweight 10-spoke cast alloy wheels
  • Radial mount front brake calipers with Brembo radial master cylinder
  • Supersport cockpit design with full LCD instruments
  • Central M-shaped front air duct
  • Powerful 298mm front and 245mm rear brakes
  • Slimline 13-litre fuel tank with deeply sculpted knee indents
  • R-series style tail
  • 120/70 front tyre, 190/55 rear tyre  

Jadi gimana menurut rekan-rekan, apa kalian tertarik dengan motor ini? Atau nunggu R-25 Versi ini yang sudah mesin Crossplane buat bisa bersaing dengan Ninja 2 Cylinder dan CBR 250RR? Ditunggu komen nya ya.

Baca Juga  Evolusi MotoGP, era 2tak akhir, 4 tak awal hingga Era MotoGP Sekarang (Bagian 1)
votes
Article Rating
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x